Langsung ke konten utama

Statement FOR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Kawan-kawan yang berbahagia,di postingan ini saya akan membahas tentang Statement FOR dari dasar,yang telah saya dapat dari pembelajaran algoritma dan pemerograman lanjutan .seperti biasanya tidak perlu panjang lebar kuy kita simak bersama-sama saja agar tidak penasaran .Terdapat soal-soal yang sangata menarik tentang Statement FOR mari kita liahat dan pahami programnya.

1.      Tentu Anda mengenal syair lagu anak-anak berikut ini: Anak ayam turun 10
Anak ayam turun 10, mati satu tinggal 9
Anak ayam turun 9, mati satu tinggal 8 Anak ayam turun 8, mati satu tinggal 7 Anak ayam turun 7, mati satu tinggal 6 Anak ayam turun 6, mati satu tinggal 5 Anak ayam turun 5, mati satu tinggal 4 Anak ayam turun 4, mati satu tinggal 3 Anak ayam turun 3, mati satu tinggal 2 Anak ayam turun 2, mati satu tinggal 1
Anak ayam turun 1, mati satu tinggal induknya

Nah.. coba buatlah script PHP untuk mengenerate syair lagu anak ayam tersebut untuk jumlah anak ayam mula-mula adalah N. Buatlah form untuk memasukkan sembarang nilai N ini, setelah itu tekan SUBMIT. Selanjutnya akan muncul baris syair seperti di atas.

Contoh di atas hanyalah untuk N = 10.

 HASIL :


2.      Seorang nasabah bank, mula-mula memiliki saldo awal Rp. 1.000.000,- di suatu bank X. Bank tersebut memiliki kebijakan memberikan bunga 3% jika besar saldo kurang dari Rp. 1.100.000,- dan 4% bila saldo lebih besar atau sama dengan Rp. 1.100.000,- . Perhitungan bunga dihitung dari besar saldo terakhir. Selain itu d setiap bulannya nasabah dikenai biaya administrasi Rp. 9.000,-. Buatlah scrip PHP untuk menentukan saldo akhir setelah N bulan.

Keterangan:



Buatlah form untuk mengisikan saldo awalnya dan N (jangka waktu tabungan).

 HASIL :





3.      Dengan menggunakan script PHP, buatlah tampilan daftar perkalian berikut ini menggunakan looping

1 x 1 = 1
1 x 2 = 2
1 x 3 = 3
1 x 4 = 4
.
.
1 x 10 = 10
2 x 1 = 2
2 x 2 = 4
.
.
2 x 10 = 20
.
.
10 x 10 = 100

Petunjuk : Gunakan nested FOR 2 tingkat

 HASIL :




4.      Buatlah script PHP untuk menampilkan formasi bintang seperti berikut ini

*
* *
* * *
* * * *

Formasi bintang di atas untuk N = 4

Terlebih dahulu Anda harus membuat form untuk menerima input sembarang N dan script Anda harus menampilkan formasi bintang N tersebut.

Petunjuk:

Coba kaitkan antara jumlah bintang untuk setiap barisnya dengan urutan barisnya.
Gunakan nested FOR 2 tingkat.

 HASIL :



5.      Dengan menggunakan script PHP, tampilkan semua pasangan nilai x, y dan z yang memenuhi persamaan x + y + z = 25, dengan x, y, dan z adalah bilangan asli.



Serta tampilkan pula banyaknya pasangan x, y, dan z yang memenuhi persaman tersebut
Contoh tampilan: x = 1, y = 1, z = 23
x = 1, y = 2, z = 22
x = 1, y = 3, z = 21
.
.
.

Jumlah penyelesaian : … Petunjuk:
Tentukan dahulu nilai-nilai yang mungkin dari x, y , dan z. Berapa nilai minimum yang mungkin dari ketiganya, dan berapa maksimumnya.
Gunakan nested FOR 3 tingkat.
HASIL :







ya cukup segini dari saya apabila ada salah kata mohon di maafkan karna kita masih sama-sama belajar .Terimakasih atas perhatian dan sarannya,


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POST dan GET Request

Assalamualaikum wr wb Haloo ketemu lagi dengan saya, kali ini   saya akan membahas tentang POST dan GET Request. Sebelum ke contoh soal mari kita   berkenalan dengan POST dan GET Request terlebih dahulu. Langsung aja kita bahas, Tapi sebelumnya mari kita baca basmalah terlebih dahulu sebelum belajar agar sama-sama sukses hehehe… POST Request POST   request   adalah   proses   mengirim   data (submit)   melalui   form   yang   berasal   dari (X)HTML. Karena PHP adalah bahasa program atau scripting, maka PHP bisa digunakan untuk menerima data hasil submit tersebut. Data yang diterima nantinya bisa diproses dalam script PHP. Untuk   menerima   data   dari   proses   submit   form   dalam   PHP,   kita   gunakan   statement assignment berikut ini. $namaVariabel   = $_POST['nama komponen dalam form']; GET Request Apabila POST request adalah proses merequest data melalui form, maka GET request adalah melalui URL. Terkadang   ketika   browsing   di   internet
DATA PRIBADI Nama lengkap          :kafin.paramasastra nama panggilan        :kafin sekolah                     :smpn 4 sidoarjo alamat                       : desa suko rt 5 rw1 ttl                                :sidoarjo,03 juli 2015 Hobi                           :main basket                                                                       THANKS:)